Lompat ke isi utama

Berita

Pastikan Akurasi Data Pemilih, Bawaslu Labusel Gelar Rakernis Pengawasan DPS Menuju DPSHP

1

Labuhanbatu Selatan – Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu Selatan menggelar kegiatan rapat kerja teknis pengawasan terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS) menuju penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Acara yang berlangsung dari tanggal 6 hingga 8 September 2024 ini digelar di Grand Suma Hotel, dan dihadiri oleh ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan. (07/09/2024)

Dalam kegiatan ini, narasumber dari Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Adnan Rasyid Tanjung dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Hinsa Heriani Sianipar turut hadir memberikan pemaparan penting terkait tata cara perbaikan DPS, yang menjadi salah satu tahapan penting dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Koordinator divisi hukum, pencegahan, partisipasi masyarakat dan humas Bawaslu Labusel, Rido Akmal Nasution menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kualitas data pemilih menjelang pemilihan serentak. "Proses perbaikan DPS sangat krusial karena menyangkut hak konstitusional warga. Kami akan mengawal dengan ketat agar daftar pemilih yang ditetapkan nantinya benar-benar akurat dan bisa dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Kegiatan ini diharapkan mampu meminimalisir potensi masalah terkait data pemilih, seperti pemilih ganda, pemilih yang sudah meninggal, atau mereka yang belum terdaftar. Dengan sinergi yang baik antara Bawaslu, KPU, dan Disdukcapil, penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kabupaten Labuhanbatu Selatan diharapkan berjalan lancar dan demokratis