Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU SUMUT AJAK MASYARAKAT SAMOSIR AWASI PEMILU 2019

Bawaslu Sumut, Samosir__Bertempat di Hotel JTS Parbaba Samosir (28/2/2019), Bawaslu Sumut melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif dalam rangka Pemilu 2019.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan rangkaian kegiatan yang sebelumnya telah dilakukan di Kabupaten Humbang Hasundutan (27/2/2019). 

"Bawaslu sesuai tupoksinya melakukan pengawasan tahapan Pemilu, akan tetapi karena keterbatasan personil kami tidak mungkin melakukan pengawasan itu sendiri, oleh karena itu peran serta masyarakat terkhusus di Samosir ini sangat kami butuhkan" kata Suhadi yang merupakan Kordiv Pengawasan Bawaslu Sumut.

Suhadi juga menegaskan bahwa masyarakat harus peduli dan berperan aktif dalam pelaksanaan pemilu ini. Menurut Suhadi bahwa pelaksanaan pemilu 2019 ini akan memakan waktu lama dalam prosesnya karena pelaksanaannya yang serentak, oleh karena itu Suhadi berharap agar masyarakat tetap mengawasi. " Sebagai contoh proses penghitungan dan rekap suara estimasi saya bs berlangsung sampai 2 hari, oleh sebab itu kita jangan lengah, tetap awasi". kata Suhadi yang juga merupakan putra asli Samosir ini.

Sementara itu Kordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Sumut Henry Sitinjak menambahkan bahwa masyarakat itu penting dilakukan pendidikan politik. " Dengan adanya pendidikan politik masyarakat akan terlibat aktif dalam proses pengawasan pemilu" katanya. 

Henry menjelaskan bahwa sesuai amanat undang-undang Bawaslu diberi tugas melakukan pengawasan dengan tujuan agar pelaksanaan pemilu itu berlangsung sesuai aturan. " Ketika pelaksanaan pesta demokrasi berjalan lancar maka suksesi kepemimpinan juga akan menciptakan good governance" tegasnya.

Bawaslu mempunyai kewenangan untuk menindak pelanggaran yang terjadi dalam pemilu, oleh karena itu Henri meminta agar masyarakat ketika menemukan adanya pelanggaran segera dilaporkan ke Pengawas Pemilu. " Bawaslu tidak boleh menolak laporan namun terhadap semua laporan yang diterima akan dilakukan kajian untuk ditindaklanjuti." katanya.(Yanthi_Loebis)

Tag
Berita